• By Admin
  • 14 Juli 2018
  • Teknologi

Tips Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Anda

Banyak diantara kita semua yang sangat jarang dan bahkan tidak pernah membersihkan layar laptop, bukan karena malas melainkan takut jika kita bersihkan layar laptop menjadi rusak.
Anda tidak perlu takut layar laptop menjadi rusak setelah kita bersihkan jika kita tahu cara yang benar untuk membersihkannya.

Berikut ini tips-tips cara mudah untuk membersihkan layar laptop Anda tanpa harus takut rusak :

1. Matikan laptop terlebih dahulu
Sebelum kita membersihkan layar laptop, pastikan terlebih dahulu kita sudah mematikan laptop untuk menghindari konsleting dari bahaya koneksi listrik tersebut. Di samping itu, mematikan laptop bisa membuat debu lebih terlihat dan membuatmu lebih mudah untuk membersihkannya.

2. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu
Untuk proses membersihkan layar laptop yang pertama adalah dengan menggunakan lap kering. Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau konsleting karena tekanan dari jari tersebut.

3. Gunakan kain lembut
Selain memperhatikan tekanan dalam mengelap kaca, pastikan juga kita menggunakan kain yang berbahan lembut untuk membersihkan layar untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain tersebut yang terlalu kasar. Menggunakan kain mikrofiber dan kain berbahan katun adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pembersih layar laptop.

4. Semprotkan larutan ke kain
Kalau kita merasa membersihkan layar laptop hanya menggunakan kain kering saja nggak cukup, kita bisa menggunakan cairan pembersih untuk membantu mengangkat debu tersebut. Namun, hindari langsung menyemprotkan cairan tersebut ke layar laptop, namun semprotkan terlebih dahulu cairan tersebut ke kain lap dengan bahan-bahan yang sudah direkomendasikan tadi. Menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar laptop dapat mengakibatkan resiko konsleting atau bahkan bisa menyebabkan layar terbakar karena kontaminasi air kepada layar tersebut.

5. Pastikan layar tersebut kering sebelum menggunakannya
Sebelum kita menggunakan laptop kembali, pastikan bahwa layar laptop tersebut sudah kering dari bekas cairan pembersih tersebut untuk menghindari kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun atau cairan yang masih tersisa di layar tersebut.

6. Biarkan layar kering secara alami
Menggunakan hairdryer memang bisa membuat layar laptop kita menjadi cepat kering. Namun, menggunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas terhadap laptop tersebut. Jadi, lebih baik bersabarlah menunggu layar tersebut kering secara alami.

Untuk menjaga kebersihan laptop bisa kita lakukan secara berkala, misalnya saja dengan menjadwalkannya setiap satu minggu sekali mungkin setiap hari senin untuk mengawali minggu baru.

  • Blog Terkait

Blog Terbaru

Codeigniter Mengatasi Error Confirm Form Resubmission

Codeigniter Mengatasi Error Confirm Form Resubmission

Bagaimana mengatasi error atau masalah yang terjadi

Daftar 5 Negara Dengan Akses Wifi Gratis

Daftar 5 Negara Dengan Akses Wifi Gratis

Taukah Anda bahwa ada beberapa negara yang memiliki

Google Maps Merilis Tampilan Peta Tiga Dimensi (3D)

Google Maps Merilis Tampilan Peta Tiga Dimensi (3D)

BERKAHSISTEM.com - Raksasa internet

Pengertian dan Manfaat VPN Bagi Perusahaan

Pengertian dan Manfaat VPN Bagi Perusahaan

Apa itu VPN dan apa manfaat VPN ?.

Bagi Pelaku whatsApp Bisnis Akan Dikenakan Biaya

Bagi Pelaku whatsApp Bisnis Akan Dikenakan Biaya

Saat ini WhatsApp sudah memiliki sekitar 1,5 miliar

Fitur Baru Instagram - Pengingat Waktu

Fitur Baru Instagram - Pengingat Waktu "Activity Dashboard"

Dizaman yang serba teknologi informasi seperti saat

wa